Berita Terkini
Loading...
Sunday 20 April 2014

Rahasia Menampilkan Widget Pada Halaman Tertentu

00:43

Niat Ngeblog - Baru saja dapat kritik yang membangun dari Erwin Pratama (Thank's Erwin kritiknya) soal widget Fans Page Facebook yang selalu muncul ketika pengunjung beralih halaman. Kata dia "mengganggu", ya maaf Win, maksut saya kan baik, cuma pengen nawarin kamu untuk ikut bergabung di fans page aja, agar kamu bisa dapat informasi terupdate blog ini hehehe.


Akhirnya saya mikir nich gimana caranya biar widget tersebut gak sering muncul, tapi harus tetap ada. Ketemu nich caranya, yaitu hanya Menampilkan Widget Pada Halaman Tertentu saja entah hanya di homepage saja atau posepages. Kemudian tanya lah saya pada google, banyak sudah yang membahas caranya dan artikel copasnya pun juga banyak. Tapi cara yang disampaikan sangat lah membingungkan dan banyak gagalnya.

Kemudian saya menemukan rahasi untuk menerapkannya. Sudah saya coba dan berhasil, bekerja dengan baik dan berikut rahasianya :

Pertama adalah mengetahui ID Widget di HTML widget :

Masih ingat tutorial "Menambah Warna Background Widget atau Gadget Pada Blogger". Di sana kamu akan mengetahui caranya mengetahui ID widget yang akan kamu atur dimana munculnya. 

Kedua, setelah mengetahui ID widgetnya mari kita cari ID tersebut. Ikuti langkah berikut :

01. Buka account blog mu.

02. Cari menu Edit HTML dan aktifkan kotak Expand Widget Templates.

03. Kemudian tekan tombol Ctrl F pada keyboard kompentur mu, kemudian akan muncul kotak pencarian. Ketik ID widget untuk mencari. Udah ketemukan.

04. Sisipkan kode berikut :

Menampilkan Widget Hanya Pada HomePage saja

<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>

</b:if>

Menampilkan Widget Hanya Pada Pose-Pages

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>

</b:if>

05. Lihat contoh di bawah untuk penempatan kode diatas.


Contoh saya ingin menampilkan widget dengan ID HTML1 hanya pada Pose-Pages saja. Maka setelah saya cari pada EDIT HTML maka saya temukan kodenya seperti di gambar. Kemudian saya sisipkan kode "Menampilkan Widget Hanya Pada Pose-Pages". Lihat urutan kodenya dengan baik dan letakkan kodenya dengan benar.

06. Save dan lihat hasilnya.

Selamat mencoba,

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer